Xiaomi jual 32,1 juta ponsel kuartal kedua, laba bersihnya melejit

Jakarta (ANTARA) – Produsen smartphone China Xiaomi melaporkan telah menjual hingga 32,1 juta unit ponsel pintar pada kuartal kedua 2019 ini, dengan penjualan seri Redmi Note 7 saja mencapai 20 juta unit per 30 Juni lalu.

Xiaomi rupanya sukses besar dalam menarik konsumen dengan smartphone flagship terbarunya, karena Redmi K20 diklaim telah terjual lebih dari 1 juta unit dalam bulan pertama sejak diluncurkan 28 Mei 2019.

Baca juga: Pilih mana, Redmi K20 Pro, OnePlus 7 Pro atau iPhone Xs Max?

Dengan volume penjualan yang menggembirakan, Xiaomi pada kuartal kedua ini membukukan total pendapatan 51,951 miliar yuan atau naik 14,8 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya. Laba bersihnya dalam periode itu mencapai 1,96 miliar yen.

Sementara untuk periode Januari – Juni 2019, Xiaomi melaporkan meraih total pendapatan 95,71 miliar yuan, lebih tinggi 20,2 persen dibanding enam bulan pertama 2018. Laba bersih untuk periode ini disebut mencapai 5,15 miliar yuan.

“Berkat upaya Xiaomi yang tiada henti, kami telah berhasil mencapai pertumbuhan yang kuat dalam bisnis kami, membukukan laba yang mengalahkan konsensus dan menjadi perusahaan Fortune Global 500 termuda di tahun 2019, di tengah tantangan ekonomi global. Kinerja kami adalah bukti keberhasilan strategi mesin ganda ‘Smartphone + AIoT’ dan model bisnis Xiaomi,” kata CEO Xiaomi Lei Jun dalam pernyataan perusahaan, dikutip Rabu.

Baca juga: Bos Xiaomi Lei Jun “Businessman of the Year”

Lei Jun menambahkan bahwa ke depan Xiaomi akan melanjutkan untuk memperkuat kemampuan riset dan pengembangan serta investasi untuk menangkap peluang besar pasar 5G dan AIoT (Artificial Intelligence of Things).

Menurut Canalys, Xiaomi kini berada di peringkat empat secara global dalam jumlah pengiriman smartphone pada kuartal kedua 2019.

Xiaomi menyatakan akan terus berinovasi dan memperluas saluran ritel baru untuk mempertahankan posisinya di segmen pasar menengah ke atas dan beragam. Pada 2 Juli 2019, Xiaomi meluncurkan seri CC baru yang diterima dengan baik oleh pengguna wanita, meletakkan dasar yang kuat untuk pengembangan pasar lebih lanjut.

Pada 7 Agustus 2019, Xiaomi merilis teknologi kamera 64MP beresolusi sangat tinggi, yang pertama kali diadopsi pada produk Redmi terbaru. Xiaomi juga baru saja mengumumkan kolaborasinya dengan Samsung Electronics untuk menghadirkan sensor kamera 100MP pertama dari jenisnya untuk memenuhi permintaan pengguna yang semakin canggih.

Sementara itu, setelah komersialisasi teknologi 5G, model smartphone 5G pertama Xiaomi, Mi MIX 3 5G, sudah diluncurkan di berbagai negara Eropa, dan model smartphone 5G kedua juga akan diluncurkan di China pada paruh kedua tahun ini.
 

OPPO bantah penurunan market share di kuartal akhir 2018

 

Baca juga: Smartfren uji coba jaringan 5G, kecepatannya tembus 8,7 Gbps

Baca juga: Hampir 20 ribu menara pemancar telekomunikasi 5G berdiri di China

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019