LG patenkan arloji pintar dengan kamera

Jakarta (ANTARA News) – LG dilaporkan telah mengajukan paten ke Kantor Merek dan Paten Amerika Serikat (USTPO) untuk jam tangan pintar.

Menariknya, dikutip dari GSM Arena, Kamis, paten ini menunjukkan beberapa desain yang mengintegrasikan kamera ke dalam gelang jam dari jam tangan pintar tersebut.

Paten tersebut juga menampilkan “terminal seluler” yang menunjukkan konektivitas seluler, dan menghadirkan beberapa solusi untuk “jam tangan pintar yang memiliki ukuran kecil yang dapat dikenakan di pergelangan tangan.”

Namun, paten tersebut juga menjelaskan bagaimana “sulitnya bagi jam tangan pintar untuk memiliki kamera” dengan tujuan menangkap informasi.

Terlepas dari hal itu, ini berarti bahwa LG ingin menciptakan solusi teknis untuk memiliki kamera pada jam tangan pintar dan menghadirkan banyak cara untuk mendekati tujuan tersebut.

Dari paten tersebut, tampak pengguna memiliki opsi untuk dengan mudah menyesuaikan sudut kamera terhadap badan arloji tanpa harus memutar pergelangan tangan arloji untuk mendapatkan bidikan.

Gelang jam tangan dapat disesuaikan sehingga pengguna dapat dengan mudah memiringkan kamera, versi yang tertanam langsung pada gelang jam, atau versi kamera dengan klip yang dapat dipasang di sepanjang gelang jam.

Meletakkan kamera pada pergelangan tangan menimbulkan pertanyaan mengenai fungsinya di dunia nyata, selain untuk mengambil foto seseorang atau sesuatu secara diam-diam.

Paten tersebut menguraikan beberapa kemungkinan penggunaan, seperti mengambil foto makanan untuk melacak asupan kalori yang terkandung di dalamnya, atau pengguna dapat memindai kode QR atau barcode barang saat berada di toko tanpa harus melalui ponsel.

Waktu pengajuan paten juga terlihat sangat menarik mengingat LG belum lama ini meluncurkan W7 Watch, namun mendapat sambutan dingin dari dunia teknologi karena ukurannya yang besar dan mahal, fitur “pintar” yang terbatas, masa pakai baterai yang buruk, chipset lama dan antarmuka yang menggunakan jarum mekanik.

Dengan demikian, LG tampaknya berencana untuk meluncurkan jam tangan pintar lainnya, namun dengan inovasi yang lebih besar — seperti menempatkan kamera di jam tangan pintar.

Baca juga: LG kembangkan ponsel dengan 16 lensa kamera

Baca juga: LG patenkan desain smartphone dengan kamera depan bawah layar

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2019