IdeaPad L340 pertahankan optical disk drive

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan perangkat komputer asal China Lenovo masih mempertahankan spesifikasi lama ruang penyimpanan data optical disk drive dalam IdeaPad L340 di tengah era penyimpanan data jenis solid state drive (SSD).

“Langkah itu kami lakukan karena banyak pelanggan kami di daerah, bukan kota besar di Indonesia, masih menggunakan fasilitas optical itu,” kata Retail Pre-Sales Development Consumer Lenovo Indonesia Abdul Hannan Imam Munajat di Jakarta, Rabu.

Abdul mengatakan IdeaPad L340 hadir untuk melengkapi jajaran laptop seri gim Lenovo dan mempertahankan tren positif penjualan Lenovo dalam pasar segmen gim.

Pada Maret 2019, Lenovo menyatakan angka penjualan jajaran laptop seri gim mereka meningkat 455 persen secara tahunan.

Sebagai produk yang diklaim unggul dalam aspek multimedia dan grafis, IdeaPad L340 dilengkapi dengan layar 15,6 inci berteknologi TFT LED “backlight” dengan resolusi “full HD” 1920 x 1080 piksel. 

“Untuk mendukung performanya, Lenovo IdeaPad L340 dilengkapi prosesor terbaru AMD Ryzen 7 3700U generasi baru dengan arsitektur Zen+,” kata Abdul.

Selain itu, L340 juga dilengkapi dengan memori RAM 16GB DDR4 2400MHz serta unit pemroses gambar (Graphics Processing Unit) yang terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega 10 iGPU.

Baca juga: Lenovo klaim nomor dua di Indonesia untuk pasar laptop gaming

Penyimpanan data jenis optical drive Lenovo IdeaPad L340 itu memiliki berkapasitas dua terabyte (TB) dengan kecepatan akses data hinga 5400rpm.

“Penggunanya dapat menambahkan harddisk SSD (Solid State Drive) jika membutuhkan performa yang lebih kencang lagi,” kata Abdul.

Pada sisi konektivitas, lanjut Abdul, IdeaPad L340 memiliki akses koneksi WiFi, Bluetooth, LAN, Port USB 3.1 Gen1 Type-C, Port USB 3.1 Gen1, Port HDMI, dan ‘combo audio jack’.

“Sistem audio L340 juga menjadi kebanggaan Lenovo karena dilengkapi dengan speaker stereo 2 x 1,5W yang dipasangkan dengan teknologi Dolby Audio untuk meningkatkan pengalaman multimedia penggunanya,” katanya.

IdeaPad L340 menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 orisinal berlisensi di dalamnya.

“Pengguna tidak perlu membeli lisensi sistem operasi lagi untuk menggunakan laptop ini,” kata Abdul tentang produk yang dibanderol seharga Rp10,699 juta itu.

Dengan baterai berkapasitas three cell lithium polymer 36 Whrs dan didukung fitur rapid charge untuk mengisi daya dengan cepat, IdeaPad L340 memiliki daya tahan hingga 8,5 jam untuk penggunaan normal.

Baca juga: Lenovo lengkapi jajaran “convertible” dengan IdeaPad C340

Pewarta: Aditya Pradana Putra
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019