Bukalapak uji coba drone, ini tanggapan Menkominfo

Jakarta (ANTARA News) – Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky mengungkapkan bahwa saat ini Bukalapak tengah menguji coba drone sebagai bukti ketertarikan marketplace tersebut terhadap Internet of Things (IoT).

“IoT drone kita sedang experiment di skala kecil, tapi memang tidak mudah, nanti kita lihat,” ujar Zaky dalam temu media sebelum acara perayaan HUT ke-9 Bukalapak di JCC Senayan, Kamis (10/1).

Sayangnya, Zaky tidak mengungkap lebih jauh tentang penggunaan drone yang dimaksud. Namun, sejumlah pengecer daring, misalnya Amazon, menggunakan layanan tersebut untuk mengirimkan barang pesanan kepada pelanggan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, yang ditemui di sela perayaan HUT ke-9 Bukalapak, Kamis malam (10/1), mendukung hal tersebut.

Rudiantara mengatakan bahwa inovasi yang coba dilakukan Bukalapak tersebut dapat difasilitasi dengan Peraturan Menteri tentang uji coba teknologi yang berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang satu tahun lagi.

Hal itu dilakukan untuk mendorong agar semua orang berinovasi.

“Aturan itu dibuat tidak boleh mengkerdilkan pengembangan bisnis, justru aturan dibuat harus memfasilitasi pengembangan bisnis,” kata Menkominfo.

“Dan, kalau baru, jangan diregulasi apa-apa nanti orang susah, biar berkembang dulu. Kalau sudah besar, baru kita tata lagi,” tambah dia.

Baca juga: Bukalapak investasi Rp1 triliun dorong warung melek teknologi

Baca juga: Bukalapak pentingkan pelapak daripada jadi decacorn

Baca juga: Napak tilas perjalanan Bukalapak hingga usia sembilan tahun

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019