Backbeat Fit 350, earphone olahraga yang multifungsi

Jakarta (ANTARA News) – Plantronics, produsen perangkat komunikasi asal Amerika Serikat, pada akhir 2018 lalu memboyong sejumlah earphone yang dirancang untuk olahraga dan kegiatan luar ruangan, termasuk Backbeat Fit 350.

Plantronics merancang Backbeat Fit 350 dapat disambungkan ke ponsel secara nirkabel alias wireless, agar tidak menganggu saat berolahraga. Antara mencoba earphone nirkabel ini selama beberapa waktu.

Earphone ini berbentuk buds, yang memiliki lapisan karet sehingga menempel ke telinga, dengan kabel fleksibel yang dapat dikalungkan ke leher belakang. Material kabel yang dipilih untuk Backbeat Fit 350 menunjang aktivitas luar ruangan karena terbuat dari kain dan menyerap keringat.

Berbeda dengan kabel dari karet, material kain ini tidak lengket saat terkena keringat atau air. Sayangnya, bahan seperti ini umumnya lebih rentan kotor.

Plantronics memberikan penjepit di kabel agar earphone dapat dijepit ke kaus saat sedang berolahraga sehingga penggunanya tidak terganggu kabel selama beraktivitas.

Rancangan in-ear pada buds Backbeat Fit 350 sangat mudah disematkan ke telinga karena bentuknya mengikuti lekukan alami telinga. Pengguna tidak kesulitan membedakan earphone kanan-kiri karena Plantronics memberikan warna yang berbeda.

Backbeat Fit 350 selama digunakan menempel stabil pada telinga karena material yang terbuat dari karet pada earbuds dan hook. Saat digunakan untuk yoga, earphone tetap stabil saat digunakan dalam berbagai pose.
  Earphone nirkabel Backbeat Fit 350. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)

Meski pun menempel ketat pada telinga, pengguna masih bisa mendengar suara sekitar dengan cukup jelas, tidak tuli seperti ketika memakai earphone model in-ear biasa. Saat digunakan joging di luar ruangan, pengguna masih bisa mendengar suara sekitar, termasuk klakson mobil, secara jelas asalkan menyetel musik dalam volume yang wajar.

Untuk menggunakan earphone ini, pengguna perlu menyambungkan dengan Bluetooth ke ponsel. Menyalakan Bluetooth di Backbeat Fit 350 agak merepotkan karena letak tombol cukup dekat dengan telinga kanan.

Kelebihannya, tombol kontrol responsif dan mudah digunakan meski pun tidak dapat dilihat saat menyala-matikan Bluetooth maupun mengakses volume.

Selain itu, earphone ini memiliki notifikasi suara yang memberitahukan kondisi baterai sehingga pengguna tidak perlu melihat ponsel untuk melihat kapasitas daya yang tersisa. Jika daya hampir habis, Backbeat Fit 350 akan memberi notifikasi suara untuk segera mengisi daya.

Dari segi suara, Backbeat Fit 350 tergolong biasa saja, bukan earphone yang akan memuaskan audiophole karena Plantronics mengedepankan desain dan kemudahan penggunaan saat sedang beraktivitas.

Backbeat Fit 350 memang dirancang untuk aktivitas olahraga, namun, earphone ini juga nyaman digunakan untuk kegiatan lainnya, misalnya saat sedang berada di perjalanan akan lebih mudah mengangkat telepon meski sedang tidak memegang ponsel.

Backbeat Fit 350 yang dirancang untuk tahan air dan keringat ini, dijual seharga Rp1.399.000.
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019