Usai Taufik Kurniawan Kena, KPK Bidik Tersangka Baru dari DPR?

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menelusuri dugaan keterlibatan anggota DPR lainnya dalam kasus yang menyeret Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Lembaga antirasuah itu kini masih melakukan penyidikan dari kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2016.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarief mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyelidikan untuk mengungkap keterlibatan anggota DPR lainnya mengenai kasus yang menyeret Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN)

“Semua proses penyelidikan sedang berlangsung. Tapi tentunya kalau mencukupi semua alat bukti, kita akan lanjut ke sana (tersangka baru-red),” kata Laode di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (5/11).

Laode menuturkan, pihaknya belum menjadwalkan pimpinan PAN untuk diperiksa sebagai saksi dari Taufik Kurniawan. Namun hal itu akan dijadwalkan jika diperlukan penyidik.

“Kalau seandainya penyidik membutuhkan informasi baru ya pasti akan dipanggil orang-orang yang dianggap bertanggung jawab untuk itu,” ujar Laode.

Dalam kasus ini, Taufik ditetapkan sebagai tersangka suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2016. Taufik Kurniawan diduga menerima Rp 3,65 miliar dari Bupati nonaktif Kebumen, Muhamad Yahya Fuad.

Setelah adanya penyerahan uang, dalam pengesahan APBN Perubahan tahun anggaran 2016, Kabupaten Kebumen mendapat alokasi DAK tambahan sebesar Rp 93,37 miliar. DAK tersebut direncanakan akan digunakan untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Kebumen.

(rdw/JPC)