Usai Tetapkan Tersangka, Besok KPK Panggil Taufik Kurniawan

JawaPos.com – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi mengagendakan pemeriksaan terhadap Wakil Ketua DPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum PAN, Taufik Kurniawan pada Kamis (1/11). Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, pemanggilan Taufik terkait pengembangan dari dugaan suap dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

“Besok (Kamis, 1/11) direncanakan diagendakan pemeriksaan untuk Taufik Kurniawan (TK),” ucapnya di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu malam (31/10).

Kendati demikian, dia belum merinci dalam kapasitas sebagai apa Taufik akan dimintai keterangan oleh lembaga antirasuah tersebut.

“Kapasitasnya apakah sebagai saksi untuk tersangka yang lain atau sebagai tersangka, nanti saya pastikan dulu ke tim. Tetapi yang jelas besok diagendakan pemeriksaan untuk yang bersangkutan,” jelasnya.

Di sisi lain, mantan aktivis ICW ini enggan mengungkap ketika ditanyai apakah akan melakukan penahanan terhadap Taufik atau tidak. Dia mengaku hal tersebut harus dilihat terlebih dahulu dari hasil pemeriksaan yang akan dijalani Politisi Partai PAN ini esok hari.

“Saya kira lihat besok karena agendanya proses pemeriksaan dan kami berharap yang bersangkutan bersikap kooperatif dan datang memenuhi pemeriksaan tersebut,” tegasnya.

Sekadar informasi, KPK Taufik Kurniawan sebagai tersangka dugaan suap pengelolaan DAK Kebumen. Dia diduga menerima komitmen fee 5 persen dari total Rp. 100 miliar anggaran yang diajukan.

Atas perbuatannya, Taufik disangkakan dengan Pasal 12 huruf (a) atau huruf (b) atau Pasal 11 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dalam UU No.20 Tahun 2001.

(ipp/JPC)